Indonesia diharapkan dapat swasembada pangan dalam 3 tahun

 

swasembada pangan

 

TEMPO.CO, Subang – Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjanji akan memenuhi semua yang dibutuhkan untuk program swasembada pangan. “Minta 69 ribu traktor, ya sudah, beli. Anggaran kami beri untuk pupuk, benih. Saya beri semuanya,” kata Jokowi setelah menyerahkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara 2014 di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Subang, Jawa Barat, Jumat, 26 Desember 2014.

Menurut Jokowi, Indonesia harus sudah bisa mandiri atau swasembada pangan dalam tiga tahun. “Tidak boleh ditawar,” ujarnya. Jokowi mengaku geregetan karena Indonesia masih harus mengimpor beras. Jokowi juga malu ketika pertama kali bertemu dengan Presiden Vietnam di Cina Summit beberapa waktu lalu. Menurut Jokowi, saat itu Presiden Vietnam bertanya mengenai rencana Indonesia membeli beras dari negara itu. “Kata dia, ‘Presiden Jokowi, kapan mau beli beras lagi dari Vietnam?’ Ayo, malu tidak,” tuturnya menirukan ucapan Presiden Truong Tang Sang.

Karena itu, sepulang dari pertemuan tersebut, Jokowi langsung memanggil Menteri Pertanian Amran Sulaiman. “Saya tidak mau ada pertanyaan seperti itu lagi dari kolega saya, presiden atau perdana menteri negara lain,” katanya. Jokowi ingin Indonesia bisa swasembada pangan dalam waktu singkat.